Senin, 08 Juli 2013

KARAKTERISTIK SENI TARI-DRAMA ANAK


PERIODESASI PERKEMBANGAN ANAK                                                                   

Secara umum sifat siswa SD antara lain:
      Mempunyai sifat patuh terhadap peraturan
      Kecenderungan untuk memuji diri sendiri
      Suka membandingkan diri dengan orang lain
      Jika tidak dapat menyelesaikan tugas, maka tugas tersebut dianggap tidak penting
      Realistis,dan rasa ingin tahu yang besar
      Kecenderungan melakukan kegiatan kehidupan yang bersifat praktis nyata (Depdikbud, 1978) 

PENGERTIAN PENDIDIKAN SENI
       adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik
melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan/atau latihan agar
menguasai kemampuan berkesenian sesuai dengan peran
yang harus dimainkan.
PERANAN PENDIDIKAN SENI
 SECARA UMUM
Pada dasarnya semua bidang/cabang seni memiliki peran yang penting dalam kehidupan. Peran tersebut antara lain sebagai berikut:
v  Media ekspresi atau ungkapan isi hati/perasaan
v  Media komunikasi
v  Media bemain
v  Media berfikir kreatif
v  Media pengembangan bakat/kemampuan yang dimiliki anak
Media Ekspresi
       Contohnya yaitu:
-         Bayi menangis sesaat setelah dilahirkan
-         Anak melompat sambil bernyanyi (lagu ciptaan sendiri) ketika hatinya senang
-         Tari pergaulan sebagai ungkapan rasa gembira
Media Komunikasi
      Contohnya yaitu:
-         Pukulan kentong dan di Masjid, Lonceng di Gereja yang memiliki pola ritme sebagai sarana memanggil umat.
-         Tari pergaulan dan lagu yang mengandung pesan ajakan
Media Bermain
      Menurut J. Huizinga mengatakan bahwa manusia adalah makhluk bermain (homo ludens)
Contohnya:
-         Tari dan nyanyian anak-anak umumnya mengandung permainan
-         Tarian dan nyanyian yang menirukan tingkah laku binatang, tumbuhan dan benda alam lain, mengandung sifat bermain.
Media Berfikir Kreatif Hidup
      Semua orang memiliki kemampuan berfikir kreatif. Karena manusia selalu berusaha menyatu dengan lingkungannya., serta ingin hidup selaras dan seimbang, maka manusia menggunakan segala usaha kreatif. Guru harus terus menerus memberi berbagai pengalaman belajar pada murid agar mampu memecahkan masalah dan kreatif. Salah satu cara yaitu melalui pembelajaran seni, antara lain:
-         Tari permainan anak
-         Lagu yang responsorial (bersahutan)
-         Berusaha menggelar seni dengan sentuhan baru berdasarkan kemampuan murid sendiri
-         Media Pengembangan Bakat
-                Dengan mengamati atau melakukan (menari/menyanyi), bakat seseorang akan tampak dipermukaan. Melalui kemampuan yang tampak, Anda menjadi tertantang dan bahkan terpacu meningkatkan serta mengembangkan bakat anak didik anda.                      Kalau anak berbakat kuat untuk tari, kembangkan bakat itu. Melalui kemampuan gerak guru dapat meningkatkan kemampuan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar